Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 Paling Mudah



Bagi para pengguna windows 10 pasti pernah merasakan momen menjengkelkan ketika PC kamu berubah menjadi lebih lamban. Padahal windows 10 jika diupgrade ke versi terbarunya, performa yang kian memanjakan akan kita dapatkan. Namun, kenapa ya masih saja PC yang kita gunakan terasa lamban? Mungkin kamu bisa mencoba cara mempercepat kinerja windows 10 satu ini,

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 Ini Mungkin Bisa Menjadi Solusi

1. Mempercepat Prosessor

Cara paling ampuh untuk mendapatkan PC yang cepat adalah dengan mempercepat prosessor dalam PC. Ubah setting yang ada di Control panel kemudian atur penggunaan daya (Power) menjadi tingkatan High Performance. Dijamin, PC kamu akan lebih terasa cepat performanya. Namun mempercepat prosessor bisa menimbulkan beberapa dampak seperti borosnya pemakaian daya serta bisa melemahkan performa baterai.

2. Matikan Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Cara mempercepat kinerja windows 10 paling mudah lainnya adalah dengan mematikan segala aplikasi dan accessoris yang tidak terlalu dibutuhkan. Kamu bisa mulai dengan mematikan beberapa program seperti screensaver, pemberian efek khusus seperti ikon kursor, dan sebagainya. Kalian juga wajib mematikan games yang berjalan di background apabila tidak menginginkan PC lemot. Matikan search index, bluetooth, GPS dan WiFi agar penggunaan laptop lebih ringan.

3. Hilangkan Bloatware

Bloatware adalah software pihak ketiga yang terprogram bundle di dalam PC, keberadaannya bisa membuat prosessor bekerja lebih berat karena penuhnya aplikasi. Selain itu, space dalam hardisk juga akan semakin sempit apabila bloatware tidak segera dihilangkan. Kamu bisa menguninstall semua bloat ware dengan menggunakan tool seperti McAfee, LiveSafe atau juga menggunakan antimalware yang sudah disediakan oleh Windows 10. Software tersebut akan membantu anda untuk menemukan beberapa bloatware dan adware yang ada di PC. Sebelum itu aplikasi akan memberikan pilihan apakah anda ingin menghapusnya atau tidak.

4. Defrag Hardisk

Defrag hardik juga dapat mempercepat kinerja laptop, walau kurang signifikan akan tetapi mendefrag hardisk secara berkala dapat mempercepat windows 10. Pada dasarnya defragment hardisk adalah menata kembali data dan alamat file-file yang telah terinstall di hardisk, bukan berarti merubah name folder yang sudah ada. Kalian bisa menjadwal defragment hardisk kalian dengan cara tekan logo windows di keyboard - ketik "Disk Defragment" maka akan muncul aplikasinya, tinggal kalian double klik saja dan aplikasi akan terbuka, klik "Analyze" maka aplikasi akan menscan disk yang perlu di defrag. Indikasi kalau di disk kalian bagus adalah 0%, jadi jika disk kalian muncu beberapa persen silahkan kalian klik "Optmize" pada disk tersebut.

Demikian beberapa cara mempercepat kinerja windows 10 yang bisa kamu terapkan. Dijamin dengan tips di atas, kamu bisa kembali menikmati games tanpa hambatan. Namun, jangan kebanyakan menginstall games. Kebanyakan menginstall aplikasi juga akan mengakibatkan memori PC menjadi penuh. Kalau sudah begitu, laptop akan kembali lemot.

0 Response to "Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 Paling Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel